-->

Bagaimana cara merubah kata kerja (verb) menjadi kata sifat (adjective) dengan akhiran –ed dan –ing

Sebagaimana kita ketahui, adjective berfungsi untuk menjelaskan noun atau pronoun.

contoh dalam suatu frasa:
>  happy person (= orang yang bahagia).
Penjelasan: person adalah kata benda. Bagaimanan kondisi person? bahagia.
Jadi kata happy menjelaskan kondisi person.
>  sad father (= ayah yang sedih).
Penjelasan: ayah adalah kata benda. Bagaimana kondisi ayah? sedih.
Jadi, kata sad, menjelaskan kondisi father.

contoh yang sering kita ketahui:
I am happy (= saya bahagia = saya sedang bahagia)
He is sad (= dia sedih)

happy menjelaskan keadaan saya (I). Siapa yang happy? saya.
sad menjelaskan keadaan dia (he). Siapa yang sad? dia.


===

Nah, pada postingan verb sebagai adjective ini, akan kita pahami
bahwa adjective dapat terbentuk dari verb+ed dan verb+ing.

biasanya, kita menemui verb+ed dan verb+ing dalam pembahasan tenses.
Kali ini, kita akan menelusuri fungsi akhiran -ed dan -ing sebagai kata sifat.

contoh:
 1. I'm interested in this book (= Saya tertarik dengan buku ini.)
 2. This book is interesting (= buku ini menarik.)

 contoh di atas memperlihatkan kata kerja interest yang berakhiran -ed dan -ing.
 contoh nomor 1 menjelaskan perasaan saya terhadap buku ini, yaitu saya tertarik (interested).
 contoh nomor 2 menjelaskan keadaan buku, yaitu menarik (interesting).

contoh lain:
 1. I'm confused = saya bingung. 
 2. This application is confusing = aplikasi ini membingungkan.

 Kedua contoh di atas memperlihatkan verb yang berubah menjadi adjective. Yakni: confuse (=bingung).
 contoh nomor 1 menjelasakan perasaan saya, yaitu saya bingung.
 contoh nomor 2 menjelaskan keadaan aplikasi, yaitu membingungkan.

Demikian secara singkat pembahasan verb (kata kerja) yang berfungsi sebagai adjective (kata sifat) dengan cara menambahkan akhiran -ed dan –ing, agar lebih jelas, silahkan simak youtube berikut:

Jika ada yang kurang jelas, monggo didiskusikan via comment J

Bagaimana cara merubah kata kerja (verb) menjadi kata sifat (adjective) dengan akhiran –ed dan –ing
  1. kamu menjelaskan bahasa inggris dengan gaya menjelaskan bahasa arab... hahahah

    BalasHapus
  2. Tapi bisa tetap diikuti kok, lanjutkan :D

    BalasHapus
  3. Sgt mudah fhm. Thx

    BalasHapus
  4. arti bahasa indonesianya apa itu?

    BalasHapus
  5. Gila, ini sangat membantu saya. Thanks guys

    BalasHapus
  6. Bagaimana kalau sebaliknya. Merubah adjective menjadi verb

    BalasHapus
  7. I'm confuse apa bedanya sama i'm confused ? Saya tau nya i'm confuse dan I was confused . Coba dong jelasin.. mash bljr saya nya hehe maklum

    BalasHapus