-->

Arti dan Contoh Penggunaan Remember pada Gerund dan To Infiniteve


Remember doing vs Remember to Infinitive
Remember dapat diikuti oleh gerund ataupun to infinitive. Namun, akan memiliki arti yg berbeda. Apa bedanya? Silahkan simak dari video dan contoh-contoh kalimat berikut ini.


================================

1. Remember + Gerund ==> melakukan terlebih dulu, kemudian teringat.
2. Remember + to do ==> mengingat untuk melakukan sesuatu.

   Jika lupa tentang gerund: Silakan pelajari Arti Gerund
     Secara singkat, Gerund = Verb + -ing.
     to infinivite = to + Verb bentuk pertama.



================================


1. Remember + Gerund ==> Ingat pernah melakukan.
Remember + Gerund ==> bermakna melakukan terlebih dulu, kemudian mengingat.
berarti: Melakukan --> lalu Teringat.


Contoh kalimat Remember + Gerund:



I remember being a child (= Saya ingat sewaktu menjadi anak-anak).
Maksudnya: pernah kecil, sekarang saya sudah tua. Saya ingat sewaktu dulu ketika masih kecil.

I can remember being young (= Saya dapat mengingat sewaktu masih muda)
Maksudnya: pernah menjadi anak muda, sekarang saya sudah tua. Saya ingat sewaktu dulu ketika masih muda.

I remember going to school (= Saya ingat ketika pergi ke sekolah)
Maksudnya: dulu pergi ke sekolah. Saat ini saya ingat sewaktu dulu pergi ke sekolah.

I remember playing stickball (= Saya ingat sewaktu bermain stickball).
Maksudnya: dulu pernah bermain stickball. Saat ini teringat bahwa saya pernah bermain stickball.

I remember living through the Great Depression (= Saya teringat ketika hidup di masa Great Depression).
Maksudnya: dulu pernah mengalami kehidupan di masa Great Depression. Saat ini teringat bahwa dulu pernah hidup melewati masa Great Depression.

I remember fighting in WWII (= Saya teringat dulu pernah berjuang di Perang Dunia II).
Maksudnya: dulu pernah berjuang di PD II. Sekarang ingat, dulu pernah berjuang di PD II.





2. Remember + to do ==> mengingat untuk melakukan sesuatu.

Remember + to do ==> bermakna mengingat terlebih dulu, kemudian melakukan.
berarti: Mengingat --> lalu melakukan.

Contoh kalimat Remember + to do:

I can't remember to do what I need to do (= Saya tidak dapat mengingat apa yg perlu aku lakukan).
Maksudnya: Saya tidak dapat mengingat apa yang mau dilakukan. Tidak bisa mengingatnya, sehingga tidak melakukan.

I must remember to take my medicine (= Saya harus ingat untuk minum obat).
Maksudnya: Mengingat dulu, kemudian minum obat.

I must remember to call my friend tomorow (= Saya harus mengingat untuk menghubungi teman esok hari).
Maksudnya: Saya harus mengingat-ingat kapan harus menghubungi teman, agar esok tidak lupa.

I must remember to pay my bills on time (= Saya harus mengingat untuk membayar tagihan tepat waktu).
Maksudnya: Saya harus mengingat jadwal membayar tagihan. Agar tidak telat.

I remember to buy my wife a gift (= Saya mengingat bahwa harus membelikan istri sebuah hadiah).
Maksudnya: Saya ingat, kemudian saya membelikan hadiah.



Kesimpulan:
  Remember + Gerund
  berarti: lakukan dulu, kemudian teringat

  Remember + to infinitive
  berarti: ingat, kemudian melakukan


Tambahan:
untuk contoh lain penggunaan pola Remember, silakan ikut video berikut, mulai menit ke 4.15
Remember + Noun/Pronoun dan Remember + Wh-Clause

Arti dan Contoh Penggunaan Remember pada Gerund dan To Infiniteve